Apa itu Blog? Sejarah Blog

by 21:41 0 comments
Blog merupakan singkatan dari web log[1] adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urutan terbalik (isi terbaru dahulu sebelum diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebu

ka sobat bener-bener baru dalam dunia blog, maka kemungkinan sobat masih belum begitu paham apa itu blog.
Di internet sebenernya telah banyak artikel-artikel yg membahas apa itu blog, tetapi di sini aku akan memberikan penjelasan mudahnya saja.
Blog ialah satu dari sekian banyak macam website yg ada di internet.
Contoh macam website yg ada di internet ialah:
  • Portal berita (contohnya: web detik, web kompas, dll.)
  • Social Networking (contohnya: facebook.com. twitter.com, dll.)
  • Search Engine (contohnya: google.com, yahoo.com, dll.)
  • Forum (contohnya: kaskus.co.id, ads.id, dll.)
  • Toko Online (contohnya: bhinneka.com, lazada.co.id, dll.)
  • BLOG (contohnya: MEDIART.ID,  JDCART.ID, MEDIAGRAM.ID, DLL.)
  • DLL.
Terus apa bedanya blog dengan macam website yg yang lain?
Jawabannya: BEDANYA BANYAK…
Satu hal yg paling membedakan antara blog dengan macam website yg yang lain ialah fungsi dari blog itu sendiri.
Fungsi utama dari blog pada awalnya ialah untuk memudahkan orang menulis catatan pribadi di internet.
Tapi ketika ini blog telah mepunyai banyak fungsi. Mulai dari sebagai tempat catatan pribadi, tempat berbagi opini dan keterangan, untuk keperluan politik, sampai untuk keperluan bisnis.

Budaya populer

Ngeblog (istilah bahasa Indonesia untuk blogging) harus dilakukan hampir setiap waktu untuk mengetahui eksistensi dari pemilik blog. Juga untuk mengetahui sejauh mana blog dirawat (mengganti template) atau menambah artikel. Sekarang ada lebih 10 juta blog yang bisa ditemukan di internet, dan masih bisa berkembang lagi, karena saat ini ada banyak sekali perangkat lunak, peralatan, dan aplikasi internet lain yang mempermudah para blogger (sebutan pemilik blog) untuk merawat blognya. Selain merawat dan terus melakukan pembaharuan di blognya, para blogger yang tergolong baru pun masih sering melakukan blogwalking, yaitu aktivitas para blogger meninggalkan tautan di blog atau situs orang lain seraya memberikan komentar.
Beberapa blogger kini bahkan telah menjadikan blognya sebagai sumber pemasukan utama melalui program periklanan (misalnya AdSense, posting berbayar, penjualan tautan, atau afiliasi). Sehingga kemudian muncullah istilah blogger profesional, atau problogger, yaitu orang yang menggantungkan hidupnya hanya dari aktivitas ngeblog, karena banyak saluran pendapatan dana, baik berupa dolar maupun rupiah, dari aktivitas ngeblog ini

Unknown

Developer

Cras justo odio, dapibus ac facilisis in, egestas eget quam. Curabitur blandit tempus porttitor. Vivamus sagittis lacus vel augue laoreet rutrum faucibus dolor auctor.

0 comments:

Post a Comment